Mau Tahu Fakta di Balik SPF? - Perawatan kulit dan dokter kulit di area Tropis - My Sun Care
kulit tropis
Ayu Fitriana

Mau Tahu Fakta di Balik SPF?

fakta spf

Kalau anda berjalan-jalan ke toko kosmetik, mungkin anda akan banyak menemukan kosmetik yang bertuliskann SPF dikemasannya. Itu artinya, kosmetik tersebut mengandung SPF untuk melindungi anda dari bahaya sinar matahari.

Namun, banyak orang yang salah kaprah mengenai SPF ini, ada baiknya anda membaca artikel tersebut agar tidak salah memilih kosmetik.

Apakah SPF?

SPF merupakan singkatan dari Sun Protection Factor yang merupakan satuan kemampuan atau seberapa kuat sunblock memberikan perlindungan dari sinar UV tanpa ada informasi mengenai waktunya. Satu hal lagi yang perlu diingat, SPF hanya memberikan perlindungan dari UV B tapi tidak melindungi dari UV A.

Jadi, jangan sampai anda menganggap sunblock dengan SPF saja sudah cukup melindungi kulit anda dari bahaya sinar matahari. Sebab, hanya dengan SPF berarti sinar UV A masih mengancam kesehatan kulit anda.

Bukan Menunjukan Lamanya Perlindungan

Kalau selama ini anda sering diberitahu bahwa sunblock dengan SPF tinggi dapat memberikan perlindungan lebih lama, ada baiknya anda kembali pada pengertian SPF di atas. SPF tidak menunjukan berapa lama waktu perlindungan.

Selain itu, SPF yang tinggi juga tidak berarti lebih baik dari SPF rendah. Mengapa banyak muncul SPF tinggi?

Sebab, produk sunblock banyak diperkenalkan oleh orang luar negeri yang memiliki kulit putih dan tinggal di daerah dengan iklim yang dingin. Perlu anda ketahui, respon pertama yang diakibatkan oleh UV B adalah sunburn atau terbakar. Hal itulah yang paling ditakuti oleh orang berkulit putih. Itulah sebabnya mereka membutuhkan SPF yang tinggi.

Sementara kita yang tinggal di daerah tropis seperti Indonesia sebenarnya tidak membutuhkan suncblock dengan kandungan SPF yang tinggi. Normalnya anda hanya membutuhkan sunblock dengan SPF 17. Sebab, kulit kita sudah memiliki perlindungan dari melanin (zat pemberi warna dalam tubuh) yang kita miliki.

Tipe melanin yang dimiliki oleh orang di daerah tropis adalah besar-besar dan solid sehingga tidak mudah dirusak oleh sinar matahari. Jadi, anda tidak perlu membeli sunblock dengan SPF tinggi. Yang perlu anda perhatikan adalah apakah sunblock tersebut memberikan perlindungan lengkap terhadap UV B dan UV A. Untuk melihat apakah sunblock anda melindungi dari UV A, pastikan terdapat  kode PA+ pada kemasan sunblock.



Kata Kunci terkait:

  • pengertian spf
  • arti spf
  • sunblock spf 17
  • pengertian spf 17
  • spf 17 adalah
  • spf 17 artinya
  • arti Spf 17
  • bahaya kosmetik dengan spf 50
  • spf 18 untuk berapa jam
  • kadar spf yang baik untuk wajah
Related Articles
Tentang Penulis
Ayu Fitriana
Back to Top