Memilih SunBlock yang Cocok untuk Kulit - Perawatan kulit dan dokter kulit di area Tropis - My Sun Care
kulit tropis adv-728x90
Ayu Fitriana

Memilih SunBlock yang Cocok untuk Kulit

memilih sunblock yg cocok

Mungkin seringkali kita bingung dalam menentukan kriteria yang pas untuk menentukan sunblock yang tepat untuk digunakan. Terkadang beragam pilihan sunblock yang ada di pasaran malah semakin membuat kita bingung, kira- kira yang mana yang sesuai untuk kulitmu.

Namun sebenarnya hanya ada 3 faktor utama yang perlu diperhatikan saat anda memilih sunblock yang tepat bagi kulit anda, yaitu:

  • Warna kulit
  • Wilayah tempat tinggal
  • Ragam aktifitas yang anda lakukan sehari- hari (indoor atau outdoor)

Di Indonesia indeks UV nya selalu tinggi apalagi karena terletak di wilayah tropis. Indeksnya berkisar antara 10-14. Pada siang hari intensitas cahaya matahari memang tinggi, tapi jangan salah, malam hari pun tak berarti bebas dari paparan sinar matahari. Jika ada berenang pada malam hari, ada baiknya anda menggunakan sunblock. Kenapa? Karena air dapat merefleksikan dan juga menyimpan energi matahari. Itulah kenapa kita memerlukan sunblock sekalipun pada malam hari atau bahkan saat melakukan aktivitas indoor.

Ada baiknya anda memilih sunblock yang nyaman di kulit anda baik untuk indoor maupun outdoor. Gunakan sunblock yang sudah mengandung moisturizer sehingga kelembaban kulit anda tetap terjaga. Selain itu, pilihlah tabir surya yang tidak lengket saat digunakan sehingga tak membatasi kenyamanan anda bahkan saat berkegiatan indoor.

Kandungan PABA

Salah satu kandungan yang ada dalam sunblock untuk menghindari sinar UV B adalah PABA (Para Amino Benzoic Acid). Bahan ini sebenarnya memberikan perlindungan dengan baik terhadap sinar UV B. Sayangnya, PABA berbahaya juga bagi kulit karena  bersifat fotosensintizer sehingga kulit menjadi rentan terkena iritasi. Sebenarnya PABA ini tak menjadi masalah jika digunakan oleh orang luar, tapi jika digunakan orang Indonesia yan gcenderung bertipe kulit Asia dapat menyebabkan reaksi kulit menjadi berwarna lebih gelap.

Badan POM di Indonesia sebenarnya sudah melarang penggunaan bahan PABA pada sunblock akibar efeknya tadi, namun masih ada produsen sunblock yang dari luar masih menggunakan bahan PABA ini karena bagi orang luar (bule) lebih menyukai warna kulit yang coklat.

Sunblock bagi UV B biasanya menggunakan satuan SPF, seperti yang selama ini sering kita dengar. Namun SPF ini hanya mengukur perlindungan terhadap UV B tidak memperhitungkan perlindungan dari radiasi UV A.

Sunblock UV A

Bagaimana dengan proteksi bagi kulit terhadap sianr UV A? Belakangan ini juga mulai dikembangkan sunblock untuk sinar UV A yang dapat disesuaikan dengan tipe kulit anda. Dalam sunblock untuk menangkal UV A biasanya mengandung PA (Protection Grade of UV A), yaitu tingkatan  perlindungan tabir surya bagi sinar UV A.

UV A bahkan bisa menembus sampai ke dermis memungkinkan premature aging. Juga mengakibatkan kulit menjadi lebih mudah kendur, kering, dan lama kelamaan bisa memicu timbulnya kanker kulit.

Jangan lupa untuk mencermati bahan- bahan yang terkandung dalam sunblock yang anda pilih atau gunakan.  Jadi, selamat memilih sunblock yang tepat bagi anda!



Kata Kunci terkait:

  • sunblock yang bagus
  • sunblock untuk kulit berminyak
  • sunblock bagus
  • sunblock yang bagus untuk kulit berminyak
  • sunblock yang bagus untuk kulit
  • sunblock yang bagus untuk wajah
  • sun block yang bagus
  • sunblock yg bagus
  • sunblok yang bagus
  • sunscreen yang bagus
Related Articles
Tentang Penulis
Ayu Fitriana
Back to Top